Internet

Sejarah Internet

sejarah internetInternet pertama kali di implementasikan oleh pertahanan amerika pada tahun 1969 .. dengan dinamakan ARPANET, tujuan awal adalah untuk kepentingan militer.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

beriring waktu akhirnya pada tahun 1970 perkembangan jaringan internet semakin banyak maka di bentuklah TCP (transmission Control Protocol ) atau internet protocol yang kita kenal dengan IP, sementara itu di benua eropa berlomba lomba membentuk jaringan internet sampai terbentuklah jaringan EUNET, yang menawarkan fasilitas email dan Newsgroup.

perkembangan Internet semakin hari semakin banyak maka pada tahun 1984 diperkenalkanlah dengan sistem DNS, Domain Name sistem jaringan ini sudah terhubung ke lebih dari 1000 komputer. dan pada tahun ke 3 jaringan komputer yang terhunbung semakin banyak mencapai 10 kali lipat hingga 100.000 Komputer.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.

Yuk di Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *